animasi  bergerak gif

01 Agustus 2012

Pengaruh Playstation Terhadap Anak

Permainan adalah hal yang pastinya sangat disukai oleh anak-anak. Dulu, biasanya anak-anak akan memainkan permainan tradisional, namun saat ini anak-anak lebih menyukai permainan yang lebih modern, misalnya PlayStation. Sayangnya, pengaruh PlayStation pada anak cenderung ke arah yang negatif.
PlayStation adalah jenis permainan elektronik yang dilengkapi dengan gambar atau visual berupa video (console game). PlayStation atau PS ini pertama kali dikeluarkan di Jepang tahun 1994 oleh perusahaan Sony. Sejak saat itu, PS langsung menjadi permainan favorit anak-anak.
PS memang permainan yang sangat menghibur, terutama bagi anak-anak, namun pengaruh PlayStation tidak selamanya baik bagi perkembangan anak-anak. Seperti yang kita tahu, anak-anak kecil belum bisa mengontrol diri maupun membedakan mana hal yang baik atau yang tidak baik.

Dampak Positif PlayStation
Berikut ini adalah beberapa pengaruh PlayStation pada anak dalam segi positif.
  • Bermain PS bisa meningkatkan tingkat sosialisasi anak dengan lingkungan sekitarnya. Umumnya PS memang dimainkan secara bersama atau beramai-ramai, hal ini memiliki dampak yang baik terhadap pergaulan.
  • PS juga bisa merangsang daya imajinasi dan kreativitas anak. Dalam beberapa permainannya, PS kerap membuat pemainnya harus berpikir cepat untuk membuat keputusan dan memikirkan tentang bagaimana cara menyelesaikan permainan. Hal ini tentu sangat baik untuk perkembangan otak anak.
Dampak Negatif PlayStation
Selain memiliki hal positif, pengaruh PlayStation dalam hal negatif juga ada dan cenderung lebih banyak. Berikut ini adalah contoh-contohnya.
  • Tidak sedikit permainan PlayStation menayangkan adegan kekerasan, misalnya perkelahian atau penembakan. Bila permainan ini disuguhkan pada anak kecil yang benar-benar lugu dan tidak mengerti tentang kekerasan, ia bisa saja menirunya di dunia nyata.
  • Pengaruh PlayStation yang juga sangat buruk adalah anak-anak bisa kecanduan, sehingga menjadi  lupa waktu dan meninggalkan pekerjaan lain yang lebih bermanfaat. Misalnya menjadi malas belajar, hal ini pasti merugikan anak-anak.
  • Walau PS bisa meningkatkan sosialisasi, tak jarang anak-anak yang lebih suka menyendiri untuk bermain PS. Mereka umumnya menjadi anak yang cuek dan tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya.
  • Pengaruh PlayStation juga meliputi kesehatan. Dampak buruk PS pada kesehatan bisa bermacam-macam.
Anak-anak bisa terserang gangguan penglihatan karena terlalu lama terkena cahaya video game.Selain itu, biasanya anak-anak bermain PS dalam jarak dekat dengan monitor/televisi.
Pertumbuhan tulang juga bisa tidak bagus karena anak-anak akan sering duduk dan biasanya cenderung membungkuk. Tangan dan jari juga bisa terkena rasa nyeri karena selalu bergerak saat bermain PS.
  • Dampak buruk PlayStation yang lain adalah membuat anak menjadi boros.
Bayangkan bila mereka tidak memiliki PS di rumah, anak-anak biasanya akan mendatangi rental atau persewaan PlayStation. Dalam satu bulan, bisa saja anak-anak tersebut menghabiskan seratus ribu lebih bila mereka sudah kecanduan PS.

1 komentar:

Dyah Oktavia mengatakan...

Game online yang mudah di download juga telah memunahkan permainan tradisional yang menyenangkan dan menyehatkan. Nice post :)

Posting Komentar